Penulisan Naskah Feature dan Dokumentary Radio

PENGERTIAN

NASKAH


Naskah = SCRIPT (English)

SCRIPTUM/SCRIPTUS (Latin) = Tertulis

Penyiaran : penuangan ide kedalam bentuk tulisan

“Suatu gagasan atau pemikiran orang/kelompok yang telah disistemasikan dan dimaksudkan untuk mencapai tujuan penyelenggaraan siaran radio ataupun televisi”
(Antonius Darmanto; Teknik Penulisan Naskah Acara Siaran)

FEATURE


Definisi Feature di Media Cetak :
Tulisan yang ditempatkan pada ruang khusus, disajikan dengan bahasa tutur yang lembut, memikat, penuh sentuhan perasaan, kadang seperti rekaan namun sesungguhnya tetap berpijak pada data dan fakta yang jelas, serta berusaha menyajikan hidangan informasi yang utuh.

Definisi Feature Radio menurut Antonius Darmanto :
Paket program yang mengangkat satu topik, ditinjau berbagai segi permasalahan (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan lain-lain) dengan memadukan berbagai format dasar (sub format) untuk penyajiannya; dimana musik, sound effect, dan voice merupakan bagian integral yang membentuk kesatuan karya artistik audio.

Definisi Feature menurut Peter Kehn :
Laporan komprehensif dengan latar belakang informasi dari topik yang menarik dan diceritakan secara spesifik.

Feature Radio bisa diartikan sebagai :
Sebuah program yang mengangkat satu topik dengan menggunakan bahasa sastra, kadang seperti rekaan tetapi tetap berdasarkan fakta yang diceritakan secara spesifik, yang memiliki nilai artistik yang tinggi.

DOCUMENTARY


Definisi Dokumenter Radio menurut Antonius Darmanto :
Suatu bentuk penyajian acara (format) yang disusun dengan cara merekonstruksikan suatu fakta peristiwa (poleksubudhankam) yang menonjol dan dramatis dengan penekanan pada aktualisasinya pada masa kini.

Definisi Dokumenter Radio menurut R. Niken Widiastuti (Dirut LPP RRI) dalam mata kuliah Formatologi Siaran, 2001 :
Dokumenter adalah bentuk acara yang nyata, hampir sama dengan Feature subjeknya tunggal, tapi dokumenter dilihat dari beberapa aspek dengan menggunakan suara dan pengalaman yang nyata.

Patricia Aufderheide, dalam buku Documentary Film, A Very Short Introduction mengatakan :
Film dokumenter menceritakan tentang kehidupan nyata, yang menyatakan suatu kebenaran.

Documentary Radio bisa diartikan sebagai :
Suatu bentuk program yang merekonstruksi suatu fakta atau peristiwa dengan menggunakan sumber suara maupun pengalaman, dari kejadian nyata


PERBEDAAN FEATURE & DOCUMENTARY



Feature
Documentary
Tidak harus berdasarkan fakta
Harus berdasarkan fakta
Bentuknya sangat kreatif dan bebas
Bentuknya terkesan formal
Tujuan awalnya adalah mempengaruhi imajinasi pendengar
Tujuannya untuk menyampaikan fakta yang ada
Menggunakan bahasa sastra
Menggunakan bahasa deskriptif
Kadang terkesan subjektif
Pembahasan secara objektif

















KESIMPULAN :
Jika data-data yang ada dalam sebuah program radio merupakan data-data yang benar (fakta), menyeluruh dan tidak memihak tentang sesuatu hal atau seseorang, maka itu adalah dokumenter.
Tetapi jika data-data yang ada dalam sebuah program radio tidak terlalu terikat pada kebenaran dan tujuannya adalah mempengaruhi imajinasi pendengar walaupun itu berdasarkan fakta, maka itu adalah Feature.



JENIS - JENIS FEATURE


  • Feature yang bersifat insani (human interest).

Sebuah bentuk feature yang membahas tentang seseorang atau sekelompok orang dengan cara interaktif atau melalui pendekatan emosional. Mengisahkan permasalahan mereka, keprihatinan, maupun prestasi yang telah dicapai dengan cara membangkitkan rasa simpati dari pendengar.


  • Feature yang bersifat sejarah.

sebuah bentuk Feature yang membahas tentang asal usul keturunan (silsilah), kejadian dan peristiwa yang terjadi di masa lampau maupun membahas tentang pengetahuan atau uraian tentang peristiwa dan kejadian yang terjadi di masa lampau yang bertujuan untuk membangkitkan semangat juang maupun semangat kerja pendengarnya.


  • Feature mengenai tokoh/biografi.

Feature yang menceritakan tentang kehidupan seseorang yang terkenal ataupun memiliki prestasi maupun seseorang yang memiliki gaya hidup tersendiri.


  • Feature mengenai perjalanan/travelog.

Feature petualangan melukiskan tentang pengalaman-pengalaman istimewa dan mencengangkan, mungkin pengalaman seseorang yang sedang berlayar di tengah lautan, mendaki gunung, melakukan perjalanan keliling dunia, pengalaman ikut dalam peperangan.


  • Feature yang bersifat mengajarkan keahlian (how to do it).

Feature ini bertujuan untuk mengajarkan maupun memberikan pengetahuan kepada pendengarnya tentang sesuatu hal, sehingga pendengar yang tidak tahu akan menjadi tahu dan yang tidak bisa akan menjadi bisa. Jadi dapat dikatakan bahwa feature ini sifatnya mendidik pendengarnya.


  • Feature yang bersifat ilmiah.

Feature ini memberikan pengetahuan tentang teknologi kepada pendengarnya, khususnya kepada orang-orang yang terkait dibidang science, baik itu metode, perancangan, maupun penemuan dalam berbagai ilmu pengetahuan untuk kemajuan peradaban manusia.


JENIS - JENIS DOCUMENTARY

  • Dokumenter berita.
Bentuk ini dipakai dalam laporan berita (report/news). Dimana ditayangkan sejumlah reportase dokumenter berdurasi pendek dari berbagai peristiwa.

  • Dokumenter tentang kehidupan manusia.
Dokumenter ini menceritakan tentang kehidupan manusia, tetapi lebih ditekankan kepada aspek human interestnya, dapat dikatakan bahwa dokumenter ini sama dengan jenis Feature human interest.

  • Dokumenter perjalanan.
Sama dengan Feature Travelog, jenis dokumenter ini melukiskan pengalaman-pengalaman istimewa dan mencengangkan mungkin pengalaman seseorang yang selamat dari sebuah kecelakaan pesawat terbang, mendaki gunung, berlayar keliling dunia, pengalaman ikut dalam peperangan.

  • Dokumenter olahraga.
Jenis dokumenter yang menceritakan tentang hal-hal yang terkait dengan olahraga, baik itu jenis olahraganya sendiri, peristiwa olahraga, peralatan olahraga, maupun hal-hal lain yang terkait dengan kegiatan olahraga.

  • Dokumenter ilmu pengetahuan.
Dokumenter ini memberikan pengetahuan tentang teknologi kepada pendengarnya, khususnya kepada orang-orang yang terkait dibidang science, baik itu metode, perancangan, maupun penemuan dalam berbagai ilmu pengetahuan untuk kemajuan peradaban manusia.

  • Dokumenter tentang kehidupan binatang.
Dokumenter yang menceritakan tentang kehidupan satu maupun sekelompok jenis binatang, kaitannya dengan alam/lingkungan hidup mereka, hukum-hukum rimba yang berlaku, perkembangan biologisnya, dan lain sebagainya. Jenis dokumenter ini membutuhkan kerja kreas dan kesabaran dalam pembuatannya karena hal-hal yang diangkat bersifat natural dan membutuhkan pengamatan dengan waktu yang cukup lama. 

  • Dokumenter spekulatif.
Jenis dokumenter ini merupakan dokumenter yang belum terjadi, hanya merupakan hasil analisa melalui teori-teori yang ada. Tetapi meskipun sifatnya spekulatif namun spekkulasi-spekulasi yang ada didalamnya harus didasarkan dengan teori yang kuat, bahkan kalau perlu dilakukan simulasi mengenai kejadian yang disprkulasikan. Sebagai contoh dokumenter yang menceritakan tentang dampak polusi terhadap bumi dimasa yang akan datang.


Jenis Dokumenter berdasarkan ruang lingkupnya :

  • Dokumenter Informasi (Information Documentary).
Program ini bertujuan menghadirkan informasi, dengan kata lain bertujuan untuk menginformasikan sesuatu.

  • Dokumenter Jurnalistik (Journalism Documentary).
Bertujuan mengungkapkan berbagai aspek mengenai suatu topik, yang disusun dalam bentuk jurnalistik.

  • Dokumenter Potret Diri (Personal Portrait Documentary).
Bertujuan memaparkan kisah kehidupan atau suatu babak kehidupan seseorang; biasanya orang terkenal atau orang yang terlibat dalam suatu kegiatan menarik.

  • Dokumenter Saksi Mata (Eye Witness Documentary).
Bertujuan memaparkan kisah keberadaan seseorang dalam situasi yang tidak biasa, situasi yang luar biasa.

  • Dokumenter Sejarah (Historical Documentary).
Bertujuan menghadirkan kembali peristiwa masa lalu, tokoh, atau sejarah.

  • Sound Picture Documentary.
Bertujuan mengungkapkan kejadian, suatu tempat, suatu masa, dalam gambaran yang imajinatif. Tanpa narasi, hanya sound effect, musik, rekaman peristiwa, dan lain-lain.

  • Creative Feature Documentary.
Bertujuan mengungkapkan suatu peristiwa tetapi diolah secara fiktif (fiktif dalam artian tetap berdasarkan fakta tetapi diolah kedalam bentuk yang kreatif   prinsip dasar feature).


FUNGSI NASKAH


PRINSIP DASAR PENULISAN NASKAH

1. Aspek Bahasa.

  • Untuk kepentingan berbicara (diucapkan).

Hindari penggunaan kalimat yang sifatnya text book.
Formulasinya  => Pikirkan, Katakan, Tuliskan
  • Untuk komunikasi orang perorang (person to person).

Gunakan kalimat yang sifatnya terkesan akrab.
Jangan menggurui.
  • Untuk sekali dengar.

Sifat siaran radio adalah sekilas.
Jangan menjejalkan beberapa informasi kedalam satu kalimat.
Gunakan istilah-istilah yang mudah dipahami.
  • Hanya mengandalkan media sound (suara).

Theater of Mind -> pertunjukan dalam pikiran

2. Aspek Seni
Mampu mengkombinasikan Kata, Musik, dan Sound Efek

3. Aspek Teknis Teknologi
  • Peralatan
  • Teknik Produksi
  • Lokasi
  • Materi Produksi
  • dsb



SUMBER BAPAK ANDY IRVAN

1 komentar: